Posted by : Unknown Minggu, 25 Januari 2015

Kehadiran makanan cepat saji memang membantu bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk menyantap makanannya. Tidak heran, restoran cepat saji juga sangat merajalela di Indonesia. Berikut adalah daftar lima restoran cepat saji terbesar di Indonesia:

1. McDonald's
McDonald's Indonesia (tripwow.tripadvisor.com)
Berdasarkan laman Merdeka, restoran McDonald’s pertama kali hadir di Indonesia pada 23 Februari 1991. Restoran pertama yang dibuka terletak di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Berbeda dengan di Amerika Serikat, tempat restoran ini berasal, McDonald’s Indonesia juga menjual nasi untuk menyesuaikan makanan pokok orang Indonesia.
Kepopuleran McDonald’s membuat laba restoran cepat saji ini naik 1,4% sepanjang tahun 2012 lalu. Di tahun itu, McDonald’s berhasil meraih pendapatan sebesar US$ 6,82 miliar atau setara dengan kurang-lebih Rp 65,7 triliun. Walaupun begitu, penjualan di seluruh Asia, Timur Tengah, dan Afrika menurun 1,7%.
Terhitung sampai 2012 lalu, jumlah gerai restoran yang dibawahi oleh PT. Rekso Nasional Food ini mencapai 112 gerai di seluruh Indonesia.

2. Kentucky Fried Chicken (KFC)
KFC (konsultasimenulisonline.blogspot.com)
Restoran cepat saji asal Amerika Serikat lainnya adalah Kentucky Fried Chicken (KFC). Restoran ini memiliki lisensi di bawah PT. Fast Food Indonesia.
KFC pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1978. Saat itu, KFC didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael. Tahun 1986, hak franchise KFC diambil alih oleh Pepsi Cola International.
Pada kuartal ketiga 2012 lalu, KFC berhasil mendapat laba sebesar Rp 139 miliar dengan total penjualan sebesar Rp 2,6 triliun.

3. Dunkin Donuts
Dunkin Donuts Indonesia (landmark.indonesia.is)
Masih berasal dari Amerika Serikat, terdapat Dunkin Donuts. Dunkin Donuts juga sudah menjamur di Indonesia. Dunkin Donuts mulai hadir di Indonesia mulai tahun 1985, membuatnya menjadi perusahaan donat terbesar dan terlama di sini. Gerai pertamanya dibuka di Jl. Hayam Wuruk, Jakarta.
Secara internasional, terhitung sampai tahun 2011, Dunkin Donuts telah meraih laba mencapai US$ 8,3 miliar atau sekitar Rp 80 triliun.

4. Pizza Hut
Pizza Hut Indonesia (smartlearn.wordpress.com)
Pizza Hut juga merupakan restoran cepat saji asal Amerika Serikat. Pizza Hut menjadi restoran pizza pertama di Indonesia ketika dibuka pertama kali tahun 1984. Pemegang hak waralaba tunggal Pizza Hut di Indonesia adalah PT. Sari Melati Kencana. Gerai pertamanya dibuka di Gedung Djakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat. Hingga 2012 lalu, Pizza Hut telah memiliki lebih dari 200 restoran yang tersebar di 22 provinsi di Indonesia.

5. Hoka Hoka Bento
Hoka Hoka Bento (infopijar.wordpress.com)
Banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya Hoka Hoka Bento berasal dari Indonesia. Menyajikan makanan cepat saji khas Jepang, Hoka Hoka Bento pertama kali didirikan pada tahun 1985, di Kebon Kacang.
Restoran yang dibawahi oleh PT. Eka Bogainti ini dikabarkan telah memiliki 120 gerai di seluruh Indonesia hingga tahun 2010 lalu.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

- Copyright © All Informations -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -