Posted by : Unknown Senin, 29 September 2014

 


Kereta api Sancaka adalah kereta api dengan layanan kelas Eksekutif dan Bisnis yang melayani rute antara Surabaya Gubeng-Yogyakarta. Perjalanan sejauh 311 kilometer ini ditempuh dalam waktu kurang dari 6 jam. Nama Sancaka diambil dari nama sosok Ular Sanca yang pengayom dan dapat bertahan di segala keadaan.
  

 Fasilitas

 Kereta api Sancaka menggunakan dua rangkaian dari dua dipo kereta yang berbeda. Kereta yang berangkat pada pagi hari dari Yogyakarta dan pada sore hari dari Surabaya menggunakan rangkaian milik dipo induk Yogyakarta (YK) (KA 82/83), sedangkan kereta yang berangkat pada pagi hari dari Surabaya dan pada sore hari dari Yogyakarta menggunakan rangkaian milik dipo induk Sidotopo (SDT) (KA 81/84). Meskipun berbeda dipo, tetapi fasilitas yang disediakan tidak dibedakan antara rangkaian yang satu dengan rangkaian lainnya, semuanya disesuaikan dengan standar pelayanan kereta api kelas Eksekutif + Bisnis + Ekonomi AC. Seluruh rangkaian kini telah dilengkapi fasilitas pendingin ruangan.
Hal yang mungkin tampak berbeda adalah pada penggunaan kereta makan. Pada rangkaian milik dipo induk Sidotopo, dapat ditemukan kereta makan dengan motif batik Madura berwarna merah, sedangkan pada rangkaian milik dipo induk Yogyakarta, kereta makan belum dipasangkan cutting sticker batik.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

- Copyright © All Informations -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -